Bahaya Pemanis Buatan


Pemanis buatan adalah bahan tambahan makanan buatan yang ditambahkan pada makanan atau minuman untuk menciptakan rasa manis. Bahan pemanis buatan ini sama sekali tidak mempunyai nilai gizi.

Dalam industri makanan & minuman, dikenal beberapa macam pemanis buatan, seperti Sakarin (Sacharine), Siklamat, Aspartame, Acesulfan, Potasium , Alifame , Isomalt , lacitol , Malcitol, Nitol, Xylisol, Neotam , Sucralose

Pemanis buatan ini kebanyakan adalah bahan kimia, bukan dioleh dari gula tebu atau gula alami lainnya. Tingkat kemanisannya memang jauh lebih tinggi daripada gula biasa, namun rendah kalori sehingga biasanya disukai oleh mereka yang terkena diabetes atau memang ingin diet.

Meskipun mengandung rendah kalori, pemanis buatan meningkatkan nafsu untuk mengkonsumsi makanan yang rasanya manis. Itu bisa terjadi karena tingginya proses metabolisme dalam tubuh.  Jadi akan mencari makanan manis lain dan meningkatkan asupan kalori mereka sehingga, bisa terjadi kelebihan berat badan. Selain Obesitas pengaruh pemanis buatan ini bila sering dikonsumsi adalah:
        Karies gigi
        Diabetes Mellitus
        Panyakit kardiovaskuler,asteroklerosis
        Behavioral disturbance(sakit kepala, ganguan belajar, emosi dan mental)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONTRASEPSI DARURAT ATAU EMERGENCY CONTRACEPTION (EC)

Tuba Uterina

KB METODE SEDERHANA