Memberi



Memberi tidak hanya bisa dilakukan dalam bentuk uang, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menolong orang lain. Mengapa kita harus memberi? Memberi dapat memberikan perubahan positif kepada yang kita bantu, ada manfaat emosi, fisik dan bahkan keuangan bagi kita, kita jadi dapat melihat potensi diri sepenuhnya, dan last but not least, sudah pasti kita akan mendapatkan kekayaan batin dan kebahagiaan dalam membantu orang lain.

Saya mendapat banyak inspirasi dari buku Memberi untuk Menerima Lebih Banyak karya Harvey McKinnon & Azim Jamal. Beberapa hal yang bisa kita berikan kepada orang lain diantaranya:
             Cinta
             Tawa
             Ilmu Pengetahuan
             Kepemimpinan
             Harapan
             Kehidupan
             Waktu
             Uang
             Keahlian
             Kesehatan
             Sentuhan
             Perhatian
             Nasehat

Ternyata sebelum mulai membantu orang lain, kita harus terlebih dahulu membantu diri kita sendiri. Ini yang sering kita lupakan. Identifikasi apa masalah yang terjadi pada diri Anda, buat daftar bidang-bidang yang lemah dalam hidup Anda. Juga tuliskan bidang-bidang yang kuat dalam hal negatif yang ingin Anda perlemah. Setelah mengidentifikasi, langkah kedua adalah bertekad mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk, reward  bagi diri Anda adalah perbaikan hidup!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONTRASEPSI DARURAT ATAU EMERGENCY CONTRACEPTION (EC)

Tuba Uterina

KB METODE SEDERHANA